" Kebab Wanna Be.. "


Anak buat seorang Ibu adalah segalanya. Ibu bisa menjadi fans berat sang anak, layaknya seorang penggemar sepak bola yang tergila-gila dengan sang idola, ia akan melakukan apapun untuk sang idola. Pun bila sang idola tadi terpuruk, atau dihujat lawan mainnya, si penggemar tetap menomorsatukan idola tadi. Begitu pula halnya dengan Ibu, apapun akan dilakukan demi sang anak tercinta. Hari pertama puasa kemarin dua jagoanku request kebab via ojol. Spontan dilarang emaknya, bukannya apa-apa. Saya sudah masak menu macam-macam untuk persiapan buka puasa nanti. Tapi mereka tetap bersikeras untuk makan kebab. "Kita pesan aja yuk Mi.. Kangeen banget makan kebab!" begtu permohonan mereka, sambil mencium pipi Ummi. Kebetulan stok bahan untuk membuat kebab sih ada. Maka "Hmm..gimana kalau kebabnya kita bikin aja?, tapi harus bantuin yaa?..." Seketika mereka langsung menghambur ke dapur. Aaah... Apa sih yang ngga buat kalian nak?
Sebetulnya, makanan yang berasal dari Timur Tengah ini sangatlah simpel. Berbahan baku daging cincang yang telah dibumbui rempah-rempah, yang kemudian dibakar. Alat pembakarnya pun unik, sebuah gelondongan berdiri yang bisa di putar perlahan sembari dibakar. Tantangan membuat kebab adalah bahan kulitnya, disebut Roti Prata atau Tortilla. Dulu, saya pernah mencoba membuatnya, namun gagal. Kulit yang saya buat terlalu kaku. sehingga begitu dimasukkan adonan isinya langsung sobek, dan berakhir di tempat sampah. Hari ini saya menemukan resep simpel, dan gampang di praktekkan. Hasilnya bahan kulit ini lentur, tidak mudah sobek. Meski tidak pakai pengawet, setelah dibuat kulit ini bisa tahan lama di freezer selama 1 bulan.
Ini dia resepnya 

Bahan Kulit : 

250 gr Tepung Terigu 
5 sdm Susu Bubuk (merk apa saja) 
3 sdm Minyak goreng 
½ sdt Baking Soda 
½ sdt Garam 
1 sdt Gula Pasir 

Bahan Isi : 

10 bh Daging Sapi Asap (Smoke Beef
15 lembar Daun Selada, cuci bersih 
3 buah Tomat Merah, potong kotak Mayonaise 
Saus Sambal dan Saus Tomat secukupnya Gula dan Garam 

Cara Membuat Kulit Kebab : 

Campurkan semua bahan, uleni sampai kalis. 
Banting adonan dan diamkan selama 30 menit 
Tutup dengan kain. 
Setelah itu ambil sedikit adonan (kira-kira segenggam), lalu pipihkan dengan rolling pin atau bisa juga dengan gelas kaca. 
Giling sesuai ketebalan yang kita inginkan. 
Lakukan sampai adonan habis. 
Kemudian siapkan teflon, set dengan api kecil saja. 
Panggang adonan (tanpa minyak pastinya ya, kalau pakai minyak namanya digoreng) hehehe 
Panggang selama 1 menit, kemudian balikkan. 1 menit lagi untuk sisi lainnya. 
Sampai kulit menggembung dan berwarna kecoklatan. 
Selesai. 
Nah, adonan tadi bisa menghasilkan 12-15 kulit kebab. Jika untuk disimpan, setelah matang letakkan pada kain basah dan bersih. Setelah dingin baru bisa kita simpan di freezer. 


Penyelesaian : 

Ambil selembar kulit 
Atur Daging yang telah di potong kecil, tomat, selada, mayonaise, saus tomat dan saus sambal. 
Gulung kebab sambil di padatkan. 
Goreng di teflon dengan sedikit minyak, sampai berwarna kuning keemasan.

Komentar

  1. Wah kulit kebabnya bikin sendiri ya? Hum...ada kulit kebab udah jadi ga ya? Hihi...Kayaknya lezat nih resepnya, bisa untuk buka puasa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang udah jadi ada mba'. Banyak tersedia di supermarket. lebih lentur, dan ketebalannya sama persis. Kalau yang kita bkin, kadang terlalu tipis, kadang ketebelan. Hahahaha ...

      Hapus
  2. Whaa... Kebab home made... Selama #DiRumahAja aku pun banyak berkreasi di dapur. Belom pernah bikin kebab sih, nti pas bahannya semua ada boleh juga coba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul mba'. selama dirumah aja, rumah disulap jadi restoran / cafe...

      Hapus
  3. Ternyata, bikinnya gak susah-susah amat, ya, Mba? Boleh nih jadi referensi buat buka buka puasa. Abis, saya suka banget dengan kebab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mba'. Kalau bahannya sudah lengkap gampang sekali bikinnya. Sulungku malah bikin sendiri, tapi abis 3 biji.. :p

      Hapus
  4. aku biasa beli kulit prata, jadinya agak ketebalan buat kebab sendiri, ternyata bikinnya simpel ya...mending bikin dewe dong kulitnya...makasih mbak

    BalasHapus
  5. Wow, kebaaaab. Ini kesukaan saya banget. Asyik kali ya ... kalau bisa bikin sendiri. Jadi nggak beli melulu, hihi ....

    BalasHapus
  6. Wah, favoritku ini Mbak. Tapi aku gak jago masak apalagi macam ngadon2 gini, gak telaten. Hihihi. Andai dekat mending aku pesan aja 😁

    BalasHapus
  7. Saya suka makan kebab tapi tidak tahu bikin, terutama kulitnya. Kalau ada yang dijual kulitnya, mau tuh mbak entar isinya divariasikan saja, atau seperti resep ini

    BalasHapus
  8. Saya sukaa kebab mbak, jadi pingin buat nih. Sepertinya mudah.

    BalasHapus
  9. Wih keren nih bisa bikin kulit kebab sendiri ... Bisa jadi peluang usaha nih mba.. so ok atuh buka home made kebab ala Mom Rini gitu. Pasti laku deh.. didoain sama aku hehe amiin amin.

    BalasHapus
  10. ya allah gampil banget. Bisa gak ya aku bikin lembarannya, hehehe. Sering gagal soalnya bikin lembaran kebab. Tapi pengen coba lagi sampai berhasil, selalu saja kurang kalis. makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  11. Yummy bnget mba kebabnya. Bikin sendiri ya kulitnya..jd pengen eksekusi. Bhn2 nya jg mudah. Smg bisa segera praktek ...

    BalasHapus

Posting Komentar