" Sambalado Tanak "



Kali ini mau berbagi resep Sambalado Tanak khas dari daerah Minang. Ada istilah populer "masak sambalado tanak hanya dengan memicingkan mata saja". Ya, hampir setiap perempuan di daerah ini bisa membuat sambalado tanak. 

Semua bahannya mudah didapat, bisa dikreasikan, (seperti sekarang saya menambahkan telur rebus), dan tinggal mencemplungkan ke dalam panci. Kemudian voila.. sambalnya langsung jadi.

Intinya, bikin sambalado yang enak itu gampang sekali koq 😉
Ok, langsung ke resepnya yaa..

"Sambalado Tanak"

Bahan: 

250 ml santan kental
½ kg cabe merah yg digiling halus
¼ kg kacang pagar (koro)
10 biji jengkol, rebus hingga empuk
10 btr kentang kecil, cuci bersih, belah dua
1 ons teri medan
5 btr bawang merah, haluskan
3 btr bawang putih, haluskan
Jahe, Lengkuas, Kunyit, masing-masing sebesar ibu jari, haluskan.
2 lembar Daun Salam
3 lembar Daun Jeruk
1 lembar Daun Kunyit
1 batang serai 
Gula Garam secukupnya
100 ml air matang

Cara Membuat : 

Masukkan seluruh bahan, aduk terus agar santan tidak pecah. 
Setelah semua bahan matang. 
Koreksi rasa.
Matikan api, angkat.
Hidangkan

Note: Masukkan telur rebus menjelang api dimatikan.

Mudah bukan? Silahkan mencoba ..

Komentar

  1. Aku kalau sudah makanan Padang nggak ada duanya deh pasti sukaa saja

    BalasHapus
  2. Luar biasa. Masakan Padang memang pas banget menggugah selera. Cocok juga buat Hari raya nanti yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas, cocok banget mba' buat Hari Raya 🤗

      Hapus
  3. Bisa buat pilihan menu buka nih. Ribet sedikit nggak papa lah. Yang penting maknyus. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba'. Tapi saran saya kalau pas puasa jangan pakai jengkol, hihihi.. Ini bikinnya sebelum puasa Ramadhan mba'

      Hapus
  4. Wah pakai jengkol, terbayang lezatnya sambalado tanak. Cabai sebanyak itu menggambarkan rasa masakan ini pedas dan gurih ya, Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cabenya harus banyak. Tapi dengan santan dan banyaknya bahan yang dimasukkan, ngga terasa pedasnya. Pedas nagih jadinya ..

      Hapus
  5. Praktis resepnya ya mbak, patut dicoba ini dan kelihatannya lezat, covij banget untuk buka puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba', tinggal cemplungkan semua bahan. Trus di aduk, jadi deh ..

      Hapus

Posting Komentar