" Melon Tutty Fruity "


'Berbukalah dengan yang manis', ungkapan ini sering kita dengar saat Bulan Puasa. Ya, Nabi Muhammad SAW memang menganjurkan kita untuk mengawali berbuka puasa dengan makanan manis. Beliau sering mencontohkan berbuka bersama keluarga dengan buah kurma yang legit dan manis. Seperti resep yang satu ini, Melon Tutty Fruity yang manis dengan penampilan nan cantik dan menggoda.
Sebetulnya yang punya proyek ini adalah Uci dan Alif. Saya sama sekali tidak tahu, karena tidur siang sehabis Shalat Dzuhur, (Hohoho). Menjelang Ashar, begitu bangun langsung disodori cerita soal puding nan cantik ini.
Membuatnya sangat-sangatlah simpel. Terdiri dari satu bungkus agar-agar, susu kental manis, serta aneka buah-buahan yang kebetulan ada di kulkas. Strawberrynya bahkan di petik Alif di taman. Hasil prakarya di sekolah beberapa bulan lalu. Huaaaaa... kangennya ke sekolah! 

Hampir 2 bulan homelearning jujur saja membuat saya dan anak-anak bosan dirumah, serta rindu dengan teman-teman juga tentunya para guru di sekolah. Saya yakin, kita semua kangen dengan kondisi dunia yang sehat seperti dulu lagi. Semoga wabah pandemik corona ini segera berlalu. Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin.. 
Baiklah, ini dia resepnya. 

Bahan : 

1 bh Melon berukuran sedang 
1 bungkus Agar-agar Swallow 
1 sachet Susu Kental Manis 
1 cangkir Gula Pasir 
1 sdt Garam halus 
1 bh Mangga, potong kotak 
2 bh Strawberry, iris tipis 
3 bh Anggur belah 4, buang bijinya 
1 potong Pepaya
Vanille secukupnya 
3 gelas Air Putih 

Cara Membuat : Potong bahagian atas melon, sehingga menyerupai tabung. 
Keruk dagingnya, sampai terbentuk sebuah lubang, sisihkan. 
Panaskan air di panci, tambahkan gula pasir dan garam. 
Kemudian masukkan agar-agar dan susu kental manis, aduk rata 
Setelah mendidih, matikan api. 
Diamkan sekitar 15 menit. 
Tata aneka potongan buah didalam melon, tuang perlahan ke dalam melon 
Dinginkan di dalam kulkas. 

Catatan : Melon hanya bisa terisi seperempat bahan. 
Sisa puding dan buahnya dapat dimasukkan dalam sebuah wadah, yang nantinya bisa kita potong-potong seperti ini.

Komentar

  1. Suka banget banget banget mau eksekusi di wilayahku melon masih langka jhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai pepaya juga bisa lho mba'. Cantiknya sama, rasanya juga enak 🤗

      Hapus
  2. Cantik bangetttt. Ibu saya dulu suka bikin juga tapi pakai buah pepaya. Isiannya susu dan daging pepaya yang diambil bulat2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sama mba'. Saya ngga suka pepaya dr kecil, tapi kalo' dibikin cantik sama ibu, jadi doyan 😆

      Hapus
  3. Kreatif sekali ini...pas bebikinana sama anak-anak. Mereka suka agar yang dibikin puding buah begini. Apalagi wadahnya melon...cakep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba'. Begitu buka puasa langsung rebutan. Emaknya juga, hahahaha. Soalnya enak, manis dingin, segar...

      Hapus
  4. Wah meloonn. Ini pasti akan jadi kegemaran anak-anak. Patut dicoba nih

    BalasHapus
  5. Huaa kebetulan ada melon nih di rumah, segera eksekusi. Makasih ya resepnya

    BalasHapus
  6. Lucu banget pudingnya, hehe.Kok kepikiran aja. Aku tiap hari beli melon tak bikin es aja. Ntar cobain ah, pas melonnya lagi warna kuning nih

    BalasHapus
  7. Euih mantab ni mba.. cucok buat berbuka puasa ya. Apalagi as dingin-dingin gitu makannya. Simpen ah resepnya.. tengkyuuuuu

    BalasHapus
  8. Hmmm syegar banget nih Melon Tutty Fruity. Buatnya juga mudah dan praktis. Bahannya mudah didapatnya. Pngen eksekusi juga ah...mksh ya mba resepnya...

    BalasHapus

Posting Komentar