" Mie Ayam "



Siapa yang ngga suka Mie Ayam? 
Dari mulai anak kecil, para remaja, dan orang tua suka dengan hidangan yang satu ini. Ya, rasa mienya yang kenyal, ditambah tumisan ayam kecap serta beragam topping diatasnya (bakso, pangsit, jamur, tofu, dll). Kemudian ada sayuran juga taburan bawang goreng plus sambal, hmmm nikmatnya. Tak terasa semangkuk mie pun berpindah cepat ke dalam perut. Aaah... kenyang sekali, barusan habis dua mangkok ! Oops.. ?! 

Dari mulai penjual mie ayam gerobak keliling, hingga kedai mie yang terkenal, semua menyukai mie ayam ini. Tapi tahukah bahwa mie ini merupakan 'turunan" dari makanan khas China yaitu Bakmi. Terbuat dari olahan tepung terigu, tersaji bersama kuah yang terpisah. Pada umumnya diatas bakmi ada tambahan berupa irisan daging berbumbu dan sayuran. Di negeri tirai bambu ini biasanya daging yang dipakai adalah daging babi. 

Mie ayam masuk ke Indonesia melalui hubungan perdagangan pada zaman dahulu. Cita rasa bakmi lantas disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Daging babi pun diganti dengan daging ayam yang ditumis kecap, hal ini dikarenakan pada saat itu mayoritas kerajaan-kerajaan kuno nusantara merupakan kerajaan islam.

Di China sendiri , menu mie ayam tidak ditemukan disana. Kalaupun ada mie yang serupa tapi bentuk dan rasanya sangatlah berbeda. Jadi dengan kata lain mie ayam sudah bisa dikatakan bagian dari kuliner Indonesia. 

Setiap orang pasti punya mie ayam langganan sendiri. Namun disaat pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kita tidak bisa bebas menikmati mie ayam kesukaan keluarga. Nah, ada baiknya kita membuat mie ayam sendiri dirumah. Selain rasanya bisa di atur sesuai selera, hasilnya pun banyak sehingga bisa dinikmati bersama keluarga. Saya biasanya membuat mie sendiri, namun kali ini memakai mie ifumie siap pakai yang bisa di beli di supermarket atau toko penyedia bahan-bahan kue. 

Penampilannya seperti ini
Baiklah, ini resep Mie Ayam-nya 


Bahan : 

500 gr Mie telor merk apa saja 
10 potong dada ayam fillet, potong kotak 
5 siung bawang putih, cincang 
2 bh bawang bombay, cincang 
5 sdm kecap manis 
1 ruas jahe, keprek 
½ ruas kunyit, keprek 
1 ruas lengkuas 
2 batang sereh 
1 lembar daun salam 
2 batang daun bawang, iris halus 
250 ml air putih 
Gula dan Garam secukupnya 
Minyak untuk menumis 

Pelengkap : Bawang Goreng dan Sawi Manis / Pokchoy 

Cara Membuat : 

Tumis bawang putih dan bawang bombay 
Berturut-turut masukkan jahe, kunyit, lengkuas, daun salam dan sereh. 
Masukkan dada ayam fillet, aduk sebentar 
Tuangkan air, kecap, gula dan garam 
Koreksi rasa 
Terakhir, tambahkan daun bawang. aduk rata, matikan kompor 

Penyelesaian : Atur mie yang telah direbus, tata tumisan ayam dan sawi rebus 
Taburi bawang goreng, dan saos sambal Hidangkan

Komentar

  1. Mba Rini, mie ayam adalah makanan kesukaanku, tapi gara2 Korona jadi udah gak pernah beli lagi, takut gak higienis hehe. Serba parno deh. Wah kalo ada resepnya gini bisa coba juga deh dirumah, ternyata gak ribet juga ya bikinnya. Gampang. Semoga terlaksana deh, menuruti keinginan makan mie ayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mba'.. Bikinnya gampang banget, hehehe...

      Hapus
  2. Yuni salah satu penggemar berat mie ay-ay... Emang sih, pandemi begini jadi nggak bebas mau makan mie ay-ay kapan aja. Sedih, euy...

    Tapi resepnya bisa juga nih diadopsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mba'.. Bikinnya gampang banget, hehehe...

      Hapus
  3. Mie ayamnya berkuah yah? Udah lama ini engga makan mie kuah. Bumbunya mantap nih pakai salam sereh...Sip...

    BalasHapus
  4. Waduuh, saya salah mampir ke sini siang-siang begini. Air liur saya tiba-tiba keluar nih, jadi pengen mie ayam, hihihi
    Selama ini selalu beli, belum pernah bikin sendiri.
    Sekarang ada resepnya, bisa bikin sendiri di rumah, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe... terimakasih udah mampir mba'...

      Hapus
  5. Hmm, nyam nyam. Untung bacanya malem. Tapi sukses bikin saya ngidam mie ayam. Hehehe

    BalasHapus
  6. Mie ayam ini favoritku sejak kuliah mbak, tapi aku udah lama banget enggak makan mie ayam karena pernah trauma. jadi pengen bikin sendiri deh, makasih sharing resepnya ya

    BalasHapus
  7. Hmmm yummy mie ayam. Untung baca ini sdh buka puasa. Jadi pengen karena sejak pandemi gk pernh makan mie ayam di langganan kami. Makasih sdh bgi2 resep mie ayam...

    BalasHapus
  8. Dulu, mie ayam ini favoritku. Tapi karena saking seringnya makan lha kok sekarang jadi gak pernah pengin lagi. Tapi kalau bumbu ayamnya aku sering bikin di rumah. Biasanya buat lauk anak-anak, mereka suka banget dimakan sama nasi aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah... bisa di makan sama nasi ya mba'? Nanti dicoba ah...

      Hapus

Posting Komentar