" Schotel Mie Kentang "


Tak terasa Ramadhan telah berjalan 22 hari, berpuasa tahun ini memang berbeda dengan puasa tahun-tahun sebelumnya. Ditengah wabah CoViD 19, kita tidak bisa melaksanakan buka bareng, atau kumpul-kumpul bersama seperti biasanya. Bahkan Shalat Tarawih yang selalu dilakukan secara berjamaah di Mushalla dekat rumah pun tidak bisa lagi, hanya dirumah saja. 

Meskipun begitu, tetaplah bersyukur dan berprasangka baik bahwa semua ini pasti akan segera berlalu. Yakin bahwa ada hikmah dibalik ujian ini. Semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita, serta segala amalan-amalan baik yang telah dikerjakan selama bulan yang penuh kemuliaan ini. Dan semoga kita bisa mendapatkan derajat nilai yang tinggi. Aamiin...

 


Schotel Mie Kentang ini adalah resep andalan Mama saya dulu sebagai bekal saat bepergian. Waktu Mitha adik saya Khatam Al-Qur'an, saya ditugasi sebagai pengiring saat pawai. Bekal inilah yang dibagi-bagikan kepada teman-teman beserta guru saat pawai selesai.

Saya ingat betul, ada seorang guru yang menanyakan apa resepnya. Saya yang waktu itu masih belum bisa masak, hanya bisa cengar-cengir ngga jelas, dan bilang ini buatan Mama. Guru tersebut tersenyum, dan menasehati bahwa lainkali kalau orang tua memasak itu harus di perhatikan, supaya kita tahu.

Hmm, semoga saja beliau saat ini masih sehat dan bisa melihat resep di blog ini ya..



Baiklah, ini dia resepnya.

Bahan : 

500 gr Mie Telur, boleh juga pakai mie instan.
4 btr Telur
10 bh Kentang, kupas potong-potong.
5 bh Keju Cheddar Slice. 
5 btg Sosis Sapi/Ayam 
5 bh Daging Asap, potong kecil. 
2 sdt Bawang Putih bubuk. 
1 sdt Merica bubuk. 
1 sdm Blueband. 
Gula Garam Secukupnya.

 


Cara Membuat : 

Rebus mie hingga empuk, (jangan sampai lunak ya) 
Oles rata Blueband dalam pinggan tahan panas (saya pakai Pyrex) 
Atur kentang, kemudian berturut-turut mie, sosis, daging asap 
Pecahkan telur, dimangkuk terpisah. Beri gula, garam, bawang putih dan merica, ke dalam kocokan telur. 
Tuangkan ke atas adonan tadi 
Ulangi sampai bahan habis 
Terakhir, letakkan keju slice 
Panggang di oven dengan suhu 150-200 derajat celcius, selama ± 35-40 menit 
Siap disajikan, selamat mencoba..


Komentar

  1. Duh baru hari ini dapat 2 jenis schootel seneng banget eh baca blog ini lagi, ga tahu sukaaa jenis apapun apalagi kalau lembuut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau lembut meleleh, bisa tambahin mozzarella mba. Wuiiih... mantep !

      Hapus
  2. Kayaknya mudah banget buat ditiru. Bisa nggak ya kalau dikukus aja. Hehehe

    Yuni nggak punya oven sih di kosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake teflon juga bisa say, rasanya tetap enak koq..

      Hapus
  3. Kayaknya nggak sulit ya buatnya. Jadi pingin nyoba. Ini makanan kesukaan ibu saya. Pasti asyik ya kalau sekali2 saya yg buatkan. Hihi ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah.. pasti Ibunda mba' Dian langsung terharu ..!

      Hapus
  4. Ya ampun anak-anak di rumah suka nih...biasa pakai macaroni, ternyata pakai mie juga yummy. Mau ah copa resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kebetulan stok macaroninya lagi abis. hahahha.. Tak ada rotan, akar pun jadi ..

      Hapus
  5. Wah resepnya maknyus ni mba.. bisa jadi alternatif buat camilan anak-anak ya.. besok ah mau eksekusi .. ijin simpan resep ya mba Rini ....

    BalasHapus
  6. Wah, praktis banget ini. Pastinya bikin kenyang juga ini walopun ga makan nasi. Kebetulan saya juga lumayan suka resep berbau schotel. Sip. Bisa dicoba, nih :)

    BalasHapus
  7. Aduh, kok jadi pengen makan lagi lihat schotel mie kentang ini. Bahan-bahan ada di rumah semua, cara bikinnya mudah, etapi aku nggak punya oven, huaaa ... Syedih banget.

    Aku membayangkan nih rasanya pasti keju banget. Gurih asiiin gitu.

    BalasHapus
  8. Jadi pengen segera mengeksekusi resep ini. Kebetulan semua bahan ada di kulkas. Eh, tapi saya gak punya oven.....

    BalasHapus

Posting Komentar